KonWil PWMI Wilayah II 2012

konwil-pwmi-2012

Konferensi Wilayah PWMI Wilayah II diadakan di Palembang pada tanggal 4-6 Juli 2012 yang diikuti oleh sekitar 70 peserta. Tema Konwil PWMI kali ini mengikuti tema Konta, yaitu Homo Unius Libri. Konperensi diawali dengan kegiatan rutin berupa laporan dan perencanaan kerja untuk tiga tahun ke depan. Untuk sesi pengajaran, peserta Konwil PWMI diberikan kesempatan untuk belajar tentang “mikro kredit” yang bertujuan menolong para perempuan untuk mengelola keuangan dengan baik. Ceramah ini dibawakan oleh Bapak Paul Wiranata, anggota GMI Jemaat Grace Jakarta yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia perbankan dan beberapa tahun terakhir ini aktif dalam micro-financing; dan Bapak Suwirya dan Bapak Sastra Iwata dari PT UKABIMA (Usaha Karya Bina Mandiri), organisasi yang berusaha memajukan perekonomian masyarakat pra-sejahtera, khususnya perempuan. UKABIMA didukung oleh Catholic Relief Service (CRS) di bawah Microenterprise Innovation Project yang didukung oleh Badan Pengembangan Internasional AS (USAID). Memberikan pinjaman modal dan bimbingan hingga para pedagang kecil yang notabene ibu-ibu ini mampu mendapatkan keuntungan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan mampu mengembalikan pinjaman mereka. Sesi Tanya jawab di akhir ceramah menunjukkan adanya semangat peserta konwil untuk mengetahui lebih jauh tentang mikro kredit ini, bahkan salah satu peserta yaitu Ibu Tumini dari PWMI Distrik 4 Wilayah II menyampaikan pengalamannya dalam kelompok simpan pinjam di lingkungannya, sehingga melengkapi ranah kebersamaan untuk berbagi.

Ikut hadir dalam Konwil ini Ketua Nasional Ibu Ranitha Purba dan Ibu Laureen Ong, mantan Ketua Nasional WSCS Singapura dan sekarang menjabat sebagai Ketua Badan Ekskutif Methodist dunia untuk Area Asia Timur (termasuk Asia Tenggara) periode 2011-2016. Ibu Renitha membagikan pengalaman pelayanan kaum perempuan di Wilayah I dan Ibu Laureen menceritakan tentang pengalaman kaum perempuan di berbagai tempat di Asia, khususnya Rumah Sophia di Cambodia yang digunakan untuk membekali para perempuan muda untuk dapat mendiri dan tidak terjerumus dalam pergaulan bebas atau pun dieksploitasi oleh pihak-pihak yang memanfaatkan kepapaan mereka.

Melalui Konferensi PWMI Wilayah ini diharapkan kaum perempuan semakin bersemangat dalam melayani dan mengembangkan sayapnya untuk “terbang” setinggi mungkin, tidak takut menggapai mimpi-mimpinya, sehingga menjadi “sesuatu” yang nyata bagi kemuliaan namaNya.

PENGURUS PWMI WILAYAH II PERIODE 2012-2015

  • Penasehat : Bishop Amat Tumino, M.Min. & Tiolina Siregar
  • Ketua : Friska Simatupang & Norma Sihombing
  • Sekretaris : Lestari Tobing & Dame Trully Gultom
  • Bendahara : Djenni Sugandi & Ester Liauw
  • Sie Pendidikan : Pdt. Erna Lstyaningsih & Pdt. Lismawaty Liauw
  • Sie Kerohanian : Pdt. Lidya Hutabarat & Pdt. Sutarti
  • Sie Sosial : Diana & Sakna
  • Sie Dana (Koordinator): Jujur Siahaan br Napitupulu
  • Sie Dana : Ima Dahlia & Ketua-Ketua PWMI Distrik 1 sampai 6
  • Koordinator : Pdt. Indriani Bone, M.Th.

Leave a Response